Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa Untuk Komunitas

Proposal kegiatan ini merupakan contoh proposal dalam melakukan kegiatan kampus. Contoh proposal ini merupakan proposal pengabdian kepada masyarakat, khususnya pada komunitas. Proposal dan kegiatan ini tidak real, namun hanya contoh proposal kegiatan mahasiswa yang sekiranya bisa diadaptasi oleh pembaca.

Berikut contoh proposal kegiatan mahasiswa tersebut. Semoga bermanfaat:)

Contoh Proposal Kegiatan

RINGKASAN

 

UMB adalah satu dari sekian banyak kampus yang ada di Jakarta. Kampus ini digunakan sebagai sarana belajar mengajar.. Kehidupan masyarakat di sekitar kampus yang memungkinkan terjadinya interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat disekitarnya menjadi bahan pengabdian yang sangat menarik dan dikaji.

Segala bentuk interaksi ini memberikan dampak bagi setiap elemen masyarakat. Eleman masyarakat yang paling riskan menerima segala bentuk perubahan yang ditimbulkan, baik atau buruk terutama yang berkaitan dengan anak-anak. Dalam hal ini kondisi anak-anak sangat mudah sekali untuk terpengaruh dengan hal positif ataupun negatif. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu upaya untuk semakin memperkokoh dan mengarahkan mereka dalam menghadapi kehidupan serta masa depannya.

Jika dilihat kondisi Geografisnya,  UMB Menteng sangat dekat dengan museum. Proposal ini bertujuan untuk memberikan suatu bimbingan kepada anak-anak (usia 6-12 tahun) berupa pemberian materi kecintaan terhadap sejarah. Hal ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi anak-anak disekitar kampus. Kegiatan ini dikemas semenarik mungkin untuk menumbuhkan minat anak-anak dalam belajar sejarah kemerdekaan dengan menggunakan metode bermain dan belajar melalui museum. Penggunaan metode ini dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk bisa menanamkan rasa cinta negara dan kecintaannya kepada pahlawan.

 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mengenal kata kampus tidak terlepas keterkaitannya dengan mahasiswa dan segala kehidupannya. Namun harus disadari kehidupan kampus akan selalu bersinggungan dengan masyarakat disekitar kampus itu berada. Tidak terkecuali di kampus kita tercinta di lingkungan kampus UMB Menteng. Kampus UMB Menteng terletak di Jakarta Pusat. Banyak komunitas-komunitas unik yang ada di Jakarta namun tidak diketahui oleh masyarakat karena kurangnya publikasi.

Komunitas yang ada di masyarakat sangat berguna untuk perkembangan diri dan penambah ilmu pengetahuan. Komunitas biasanya menginginkan eksistensi untuk dapat dikenal masyarakat sehingga dapat membuat jangkauan komunitas tersebut semakin luas.

Publikasi merupakan salah satu hal yang diperlukan oleh komunitas. Dengan adanya publikasi yang tepat, maka komunitas akan lebih mudah dikenalkan kepada masyarakat. Di era digital saat ini, sangat mudah menyebar awareness kepada masyarakat melalui internet. Salah satu platform yang paling sering digunakan saat ini adalah sosial media.

Sosial media adalah media publikasi yang sering dipakai oleh brand. Baik itu brand komersil, NGO, maupun komunitas. Namun, untuk mengelola sosial media, tentunya bukan hal yang mudah. Harus ada teknik-teknik tertentu dalam membuat konten dan memahami audiens yang ada.

Maka dari itu, Universitas Mercu Buana yang merupakan salah satu universitas terbesar di Jakarta patut untuk menaruh perhatian kepada komunitas-komunitas tersebut. Pada Universitas Mercu Buana, terdapak prodi Marketing Communication yang mahasiswanya belajar branding secara offline maupun online. Pengetahuan ini tentu juga dibutuhkan oleh masyarakat.

1.2 Rumusan Masalah

 

            Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah :

  1. Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan komunitas yang paham internet marketing?

1.3 Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar komunitas-komunitas memiliki skill yang cukup mendalam tentang digital marketing. Diharapkan pula dengan adanya penerapan digital marketing ini masyarakat dapat lebih mengenal komunitas-komunitas yang ada, sehingga dapat bergabung dengan komunitas yang sesuai minat masyarakat.

1.4 Luaran yang diharapkan

Sebagai target luaran yang akan dicapai sebagai berikut:

  1. Diharapkan komunitas yang hadir dapat menerapkan ilmu yang di dapat ke platform digital komunitasnya.
  2. Timbulnya kesadaran lebih dari masyarakat tentang adanya komunitas
  3. Kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan untuk dapat menginspirasi orang lain agar melakukan kegiatan serupa, dengan harapan semakin mendorong peningkatan kualitas dari sumberdaya manusia.
  4. Menumbuhkan kesadaran dalam komunitas tentang pengertian content marketing dan penerapannya pada komunitas

1.5 Manfaat Kegiatan

Manfaat dari kegiatan ini diantaranya dapat diaplikasikan pada masyarakat sekitar dan mahasiswa, yaitu meliputi :

1. Komunitas

Menciptakan komunitas yang paham tentang digital marketing serta mampu menerapkannya pada sosial media yang dimiliki komunitas tersebut.

2. Mahasiswa

Kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan peran serta mahasiswa Universitas Mercubuana dalam pengabdian masyarakat yang merupakan implementasi dari salah satu nilai tridarma perguruan tinggi.

BAB II
Solusi dan Target Luaran

 

Daerah sekitar kampus Menteng memiliki jumlah penduduk yang banyak, dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Dengan kondisi yang demikian membuat berbagai pemasalahan sosial timbul, sehingga permasalahan tersebut bisa berlarut-larut dalam pemecahannya. Salah satu permasalahan yang timbul adalah kurangnya keinginan anak-anak untuk belajar dan berkunjung ke museum, padahal secara geografis, letaknya sangatlah dekat. Masyarakat di perkampungan dekat kampus Menteng umumnya adalah masyarakat menengah kebawah sehingga kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya.

Biaya hidup yang tinggi menjadikan bimbingan belajar hal yang tidak bisa dirasakan anak-anak di perkampungan dekat kampus Menteng. Bimbingan belajar di tempat yang menarik adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak selain kegiatan belajar di sekolah, saat ini banyak sekali lembaga-lembaga pendiri bimbingan belajar yang terkenal dan berkompeten, namun bimbingan belajar tersebut tidak banyak yang memasukan nilai-nilai sejarah di dalamnya.

Tabel 1. Harapan Perubahan Kondisi Sebelum dan Setelah Program Pengabdian Masyarakat

No Unsur Pra Program Pasca Program
1. Masyarakat
  1. Anak-anak tidak berminat berkunjung ke museum
  2. Aanak-anak Tidak mengetahui tentang Museum Joeang
  3. Tidak mengetahui sejarah perjuangan pahlawan Indonesia.
  1. Peningkatan minat berkunjung ke museum
  2. Mengetahui apa saja yang ada di dalam Museum Joeang
  3. Mengetahui sejarah perjuangan pahlawan Indonesia

 

BAB III
METODE PELAKSANAAN

 

Metode pelaksanaan yang akan digunakan adalah bermain dan belajar di museum yang menekankan pada pendidikan berkarakter yang akan diberikan kepada anak-anak di sekitar kampus UMB Menteng.

Palaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap diantaranya sebagai berikut:

  1. Survei Kemitraan

Melakukan pertemuan dengan masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan, serta melakukan pendataan terhadap peserta yang akan berpartisipasi selama kegiatan berlangsung. Permohonan Izin kepada Institusi atau pihak UMB untuk mengadakan kegiatan ini di museum Joeang. Serta Mengadakan kerjasama dengan ahli sejarah museum Joeang.

  1. Tahap Pelaksanaan

Kegiatan bimbingan kepada anak-anak di sekitar kampus ini dilaksanakan satu Minggu sekali pada hari minggu, 02 Juni 2018 dengan rincian program pengajaran sebagai berikut:

  1. Pelajaran Sejarah (in door)
  2. Kuis Menarik (in door)
  3. Hiburan dan Games (out door)

Kegiatan ini dilaksanakan di Museum Joeang Menteng. Pada kegiatan bimbingan kami akan menerapkan gabungan metode bermain dan belajar yang harapannya dapat menjadikan anak-anak memiliki karakter yang baik dan cinta pahlawan. Adapun pelaksanaan program sebagai berikut:

  1. Peserta yang mengikuti terdiri dari anak-anak sekitar perkampungan UMB Menteng usia 6-12 tahun
  2. Waktu pelaksanaan dari pukul 09.00 s.d 12.00 WIB
  3. Jumlah SDM yang mengajar 5 orang
  4. Tahap Evaluasi Kegiatan

Untuk menanamkan karakter yang baik sesuai kebutuhan anak-anak, setiap bulannya kami mengadakan evaluasi terkait hasil  pembelajaran. Sehingga diharapkan terget dan luaran yang kami susun dapat tercapai dengan baik.

 

 

Lampiran

Lampiran 1 Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

 

DIVISI / JABATAN NAMA NIM
Ketua Tim Ilham 44316120062
Kreatif Arif 44316120085
Raka 44316120068
Sandy 44316110076
Muhamad Fauzi 44316110102
Raden 44316120091
Setya Bagus 44316120043
Fajar 44317110080
Rahardan 44316110100
Dokumentasi Amalia Erza 44316120044
Andri 44316120063
Manesa 44316120015
Ratu 44316110062
Aldy darmawan 44316110097
Poppy Rosari 44316120056
Solakhudin 44316110098
Putri 44316110105
Wardrobe & Properti Dinda 44316120077
Utari 44313110102
Astri 44316120022
Anindya 44314120026
Arinda Fauziah 44316110099
Rizky 44313110016
Citra 44316110101
Muthia 44316120042
Agiya 44315110074
Gerardus 44316110112

 

Jobdesk :

  1. Ketua : Mengkoordinasikan anggota dan memimpin jalannya program
  2. Kreatif : Mengkonsep acara secara menarik dan bertanggung jawab terhadap jadwal kegiatan
  3. Dokumentasi : Mendokumentasikan dan mempublikasikan jalannya program serta mempersiapkan segala keperluan saat kegiatan.
  4. Wardrobe & Property : Mempersiapkan segala hal yang diperlukan selama kegiatan

 

 

Lampiran 2 Surat Pernyataan Kesediaan Kerjasama Mitra

Surat Pernyataan
Kesediaan Kerjasama Dari Mitra Kegiatan Dalam Pelaksanaan

Pengabdian Masyarakat Universitas Mercubuana

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               :

Jabatan           :

Alamat            :

Dengan ini menyatakan bersedia untuk bekerjasama dengan pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mercubuana

Nama Ketua Tim Pengusul     :

Nomor Induk Mahasiswa        :

Program Studi                           :

Nama Dosen Pembibing         :

Perguruan Tinggi                     : Mercu Buana

Guna meningkatka kecintaan anak-anak terhadap negara dan pahlawan bangsa.

 

Demikian surat ini di jawab dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada unsur paksaan di dalam penggunaannya yang dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Ketua Tim Pengusul

 

 

 

 

Ilham Romanzah

NIM 44316120062

Jakarta, …. Mei 2018

Yang menyatakan

 

 

 

 

(                                 )

 

 

 

 

Leave a Reply