Artikel Survey Tentang Memilih Film Atau Novel

Film yang diangkat dari sebuah novel emang punya daya tarik tersendiri. Soalnya penggemar novel yang udah baca bukunya kemungkinan besar bakal sangat menantikan peluncuran film dari novel kesukaannya.

Buktinya sebanyak 48,8% koresponden mengakui itu. Tapi, ada juga yang mengaku walaupun nggak terlalu suka, 43,9% bilang tidak terlalu fanatik dengan film yang dibuat dari novel.

“Ya nggak terlalu fanatik banget sih, tapi pernah,” kata Yanda, Mahasiswi Universitas Jambi.

Sementara 7,3% lagi mengatakan nggak suka. Kadang walaupun sudah divisualisasikan dalam bentuk layar lebar, keunikan dan karakter yang dibangun lewat sebuah novel tetep nggak bisa tergantikan.

Lebih Suka Film Atau Novelnya?

Berdasarkan survey, sebanyak 23,8% koresponden menuturkan kalo mereka tetep lebih suka novelnya. Ada juga yang kurang setuju dan bilang lebih suka dalam bentuk film, soalnya bisa lihat langsung, kata 42,9% koresponden. Sementara 33,3% lagi lebih memilih menjatuhkan hati pada keduanya.

Saat ini, novel yang diangkat menjadi sebuah film memang banyak ditemui. Terutama pada novel best seller yang sudah punya komunitas pecintanya sendiri. Seperti kata 26,2% koresponden yang menilai karena memang novelnya laris. Ada lagi yang beranggapan karena memang kisah novelnya yang menginspirasi banyak orang, kata 40,5% koresponden. Dan 33,3% lagi menilai kalo itu hanya kepentingan royalti aja, alias cuma karena ngeliat pasar yang menggiurkan aja gitu ya?

Film yang Diangkat dari Novel Terbaik

Dari sekian banyak novel yang difilmkan, meskipun sudah lama ternyata novel dan film Ayat Ayat Cinta masih ada di hati para penggemarnya, tutur 21,4% koresponden. Berbeda dengan persentase sebelumnya, 33,3% lagi lebih memilih 5CM. Sedangkan persentase tertinggi jatuh kepada Laskar Pelangi, yaitu 45,3%.

“Soalnya di film Laskar Pelangi itu lebih banyak ngasih pelajaran tentang makna kehidupan,” kata Zulfa dari SMAN 6 Kota Jambi.

Terakhir, koresponden pun juga memiliki harapan besar untuk dunia menulis dan perfilman Indonesia. 35,7% koresponden menyarankan supaya film-film yang dikembangin dari novel bisa lebih kreatif lagi. Sedangkan 28,6% berikutnya berharap supaya karya yang dihasilkan bisa lebih detail lagi ngegambarin alurnya. Dan 35,7% koresponden bilang kalo sejauh ini sudah sukses dan semoga bakal tetep sukses!

Leave a Reply