9 Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Tambah Banyak

Jerawat timbul di wajah? waw! bikin pusing tujuh keliling, sampai-sampai malu untuk keluar rumah hanya karena jerawat. Jerawat akan lebih menyiksa lagi karena sering muncul pada masa pubertas yang katanya sebagian besar orang adalah masa yang paling indah. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Banyak jerawat yang akan hilang dengan sendirinya, yang harus dilakukan sekarang adalah mencegah agar jerawat tidak tambah banyak.

Jerawat bahkan bisa menjadi masalah yang memalukan dan memberatkan. Tetapi kenyataannya, Kamu punya beberapa cara untuk mencegah agar jerawat tidak bertambah banyak. Berikut adalah beberapa hal mudah yang dapat Kamu lakukan mulai hari ini untuk mencegah jerawat bertambah banyak.

Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Bertambah Banyak

1. Mencuci wajah 2 kali sehari

Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.


2. Jangan memencet komedo dan jerawat.

Mungkin kamu tergoda oleh bentuknya yang “mempesona”. Namun jangan memencet, menggaruk, menggosok atau menyentuh jerawat dan komedo. Karena tindakan ini dapat meningkatkan produksi sebum. Plus, ketika Kamu menekan, selaput di bawah kulit akan pecah dan menyebabkan infeksi yang bakal membuat sebum mudah menyebar di bawah kulit. Hasilnya adalah, jerawat akan muncul lebih banyak.


3. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi

bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat. kalo kita tidak mencuci muka dengan handuk yg bersih tentu bakteri akan cepat datang dan mempercepat timbulnya jerawat


4. Sering-seringlah makan sayur dan buah.

biasanya banyak orang yang malas banget buat makan sayur. tapi sebenarnya sayuran itu sangat banyak manfaatnya, termasuk dalam menyembuhkan jerawat. sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.


5. Cuci sarung bantalmu.

Tampaknya sih sepele, tapi sarung bantal itu sangat penting dalam kesehatan wajah. Wajah Kamu akan selalu berada di atas sarung bantal setiap hari. Sarung bantal tersebut akan menyerap minyak dari kulit wajah dan menampungnya. Minyak dan kotoran hasil tampungan tersebut bakal kembali ke wajah jika tidak di cuci sehingga menyebabkan jerawat.Selalu pakai sarung bantal yang bersih.


6. Sesuaikan skincare dengan jenis kulit kamu

Jika kulitmu berminyak maka gunakanlah skincare untuk kulit berminyak, jika skincare yang kamu gunakan tidak sesuai dengan jenis kulitmu, jerawat yang ingin disamarkan malah akan menjadi bertambah banyak. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih skincare.


Ada baiknya, sebelum membeli skincare, bacalah review skincare tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu memiliki pegangan dan pengetahuan tentang skincare apa yang cocok untuk dibeli.


7. Minum multivitamin

Jerawat bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuhmu. Lapisan kulitmu juga memiliki ketergantungan pada gizi dalam tubuh. Jika tubuhmu tidak menerima nutrisi yang tepat, maka ia akan memberontak dengan cara menghasilkan sebum berlebih, menyumbat pori-pori, dan mengurangi kemampuan untuk menyembuhkan dan melawan bakteri.


Sertakan multivitamin dalam keseharianmu. Multivitamin yang baik juga akan berperan untuk penyembuhan infeksi pada kulit. Dengan meminum multivitamin sekali sehari, maka akan membantu ketahanan kulit dan mencegah jerawat bertambah banyak.


8. Jauhkan rambut di wajahmu

Jika Kamu memiliki rambut panjang atau poni, usahakan untuk selalu menjauhkan rambut dari wajahmu. Rambutmu juga mengandung minyak, dan akan memberikan kontribusi untuk menghasilkan jerawat.

9. Tidur yang cukup dan teratur.

Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.


jadi? tunggu apalagi? jangan sampai tidak PD karena jerawat. cegah jerawat agar tidak bertambah banyak sejak dini. Jika sudah membaik, jerawat juga akan menghasilkan bekas yang beragam. Kamu harus tau pula cara menghilangkan bekas jerawat merah maupun hitam. Setelah jerawat hilang, tetaplah jaga pola hidup sehat di atas agar wajahmu tidak dihinggapi jerawat lagi.

Leave a Reply