Mimikri Adalah

Pengertian Mimikri, Contoh & Proses Terjadinya

Untuk mempertahankan hidupnya, hewan perlu beradaptasi untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancamnya. Misalnya, kalajengking yang memiliki alat penyengat, atau cicak yang memutuskan ekornya. Ketika sedang dalam keadaan terancam, kemampuan-kemampuan unik hewan tersebut akan keluar untuk melindungi diri. Salah satu kemampuan hewan dalam melindungi diri adalah mimikri. Apa itu mimikri?

Pengertian Mimikri

Mimikri adalah salah satu cara hewan untuk melindungi dirinya. dalam kondisi terancam, mimikri dapat digunakan untuk berkamuflase dengan lingkungannya. Ya, pengertian mimikri adalah cara hewan melindungi diri dengan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungan yang ditempatinya.

Bunglon memiliki kemampuan mengubah warna kulit sesuai lingkungan sekitarnya

Contoh hewan yang memiliki kemampuan mimikri adalah bunglon. Pernahkah kamu melihat bunglon? Bunglon adalah hewan kecil yang hidup di pohon. Bunglon melindungi diri dengan cara mengubah warna tubuhnya atau disebut dengan mimikri. Jika berada di tanah, warna tubuhnya akan menyerupai tanah. Jika berada di atas daun, warna tubuhnya pun akan menjadi seperti warna daun.

Pengertian mimikri : Mimikri adalah kemampuan hewan untuk mengubah warna tubuh sesuai dengan warna lingkungan di sekitarnya.

Proses Terjadinya Mimikri

Bagaimana bunglon mengubah warna kulitnya tersebut? Cara bertahan hidup yang unik pada bunglon ini memang menarik untuk dipelajari. Ternyata, adanya penyusutan sel yang membuat mimikri terjadi pada bunglon. Tahukah kamu? Ternyata bunglon mengubah warna tubuhnya bukan dengan cara melihat sekelilingnya dan menyesuaikan sekitar seperti yang dipikirkan banyak orang lho.

Hayo coba tebang di mana bunglonnya

Ternyata, kulit bunglon memang bersifat tembus cahaya. Sementara itu, di dalam kulit bunglon tersebut terdapat lapisan sel yang mengandung zat pewarna hitam, merah, dan kuning. Ketika akan mengubah warnanya, sel-sel tersebut akan memuai dan saat itulah mimikri terjadi.

Pemuaian sel tersebut akan bekerja ketika bunglon merasa marah atau takut. Ketika itu terjadi, sistem syaraf akan memberikan pesan kepada sel tersebut sehingga perubahan warnapun terjadi. Nah, jika bunglon sedang gembira, proses mimikri bisa terjadi dengan cara yang berbeda lho. Ketika sedang gembira, akan timbul bayangan-bayangan warna yang lebih pucat dan bintik-bintik kuning pada bunglon. unik sekali ya?

Artikel terkait : Daur Hidup Katak

Dipengaruhi Suhu dan Cahaya

Ternyata, mimikri tidak hanya dipengaruhi oleh emosi sang hewan, tapi juga suhu dan cahaya. Misalnya, saat sedang terik, warna bunglon akan menjadi hitam. Berbeda dengan saat kondisi suhu rendah, bunglon dapat berubah dengan variasi warna hijau. Jika tidak ada cahaya / kondisi yang gelap, bunglon bisa berubah menjadi warna krem dengan bintik-bintik kuning.

Jadi, mimikri adalah perubahan warna yang dapat dipengaruhi oleh suhu, cahaya, dan emosi hewan tersebut. Mimikri dapat membantu bunglon untuk melindungi dirinya dari serangan musuh seperti ular dan burung.

 

No Responses

Write a response