KBA Keputih Surabaya: From Zero to Hero

KBA Keputih Surabaya: From Zero to Hero

Mesipun pernah menjadi tempat yang kumuh saat masih berstatus Tempat Pembuangan Akhir (TPA), siapa sangka kini Kampung Keputih Tegal Timur menjadi role model. Pihak yang yang terlibat dalam perubahan ini ialah PT. Astra International yang merupakan perusahaan otomotif besar juga maju di Indonesia.

Terpilih menjadi Kampung Berseri Astra

kba surabaya

Keputusan PT. Astra untuk menjadikan Keputih Tegal Timur menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) tidaklah mudah. Tentunya Kampung Keputih Tegal Timur harus melewati beberapa syarat yaitu tata lingkungan kampung yang baik, warga memiliki sifat gotong royong dan memiliki kemudahan akses untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan progam tanggung jawab sosial.

Apa yang dimaksud dengan Kampung Berseri Astra? Kampung Berseri Astra adalah kampung dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta memiliki masyarakat yang sehat, cerdas juga produktif. Program Kampung Berseri Astra fokus terhadap empat pilar yaitu pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan serta pembinaan usaha kecil menengah.

Dalam meralisasikan program Kampung Berseri Astra, dukungan dari pemerintah dan masyarakatlah yang menjadi faktor penting untuk menentukan keberhasilan program KBA ini. Masyarakat di kampung keputih dikenal dengan kreatif, jiwa gotong royong serta pekerja keras.

From Zero To Hero

Dahulu, perekonomian mayoritas masyarakat Keputih Tegal Timur berada di kelas prasejahtera dengan matapencaharian mayoritas adalah buruh harian lepas dan ibu rumah tangga. Selain itu, letaknya yang berdekatan dengan laut membuat suhu udara menjadi panas dan pasokan air bersih minim. Hal tersebut membuat kampung ini terlihat gersang.

Saat ini, kampung Keputih Tegal Timus sudah berubah menjadi lingkungan yang sehat dengan berbagai macam fasilitas yang mendukung kegiatan masyarakat, seperti bank sampah, rumah pintar, rumah hijau serta instalasi pengolahan air bersih.

Justru saat ini kampung Keputih Tegal Timur memiliki kelebihan dari kampung yang lain di bidang ekonomi. Di kampung ini, terdapat masyarakat yang memiliki bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah). Sedangkan di bidang lingkungan, kampung keputih tegal timus kini menjadi pusat pembudidayaan tanaman dan pembuatan kompos masyarakat.

Kampung ini juga menjadi pusat pelatihan bagi wisatawan yang ingin belajar bercocok tanam serta membuat pupuk kompos. Selain itu, kampung ini juga memiliki balai pertemuan warga yang sekaligus dijadikan rumah pintar. Tempat ini dijadikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang diselenggarakan satu kali dalam sebulan.

Saat ini, masyarakat keputih tegal timur sudah mulai produktif dan fokus pada penamanan terong dan cabai. PT. Astra juga membagikan bibit markisa untuk buidaya sekaligus membuat jalanan menjadi lebih teduh.

Kesempatan ini dimasimalan oleh warga setempat. Warga kampung ini mulai belajar membuat sirup markisa yang didapat dari hasil panen pohon markisa tersebut. Hasil sirupnya kemudian akan dipasarkan dengan bantuan Astra.

Jika diperhatikan, ada 2 aspek yang tercapai atas pembagian bibit markisa tersebut yaitu lingungan dan kewirausahaan. Dilihat dari sisi lingkungan, tentu penanaman pohon sangat baik untuk mencegah erosi dan mengurangi polusi. Selain itu, adanya pohon markisa juga dimanfaatkan untuk membuat jalanan menjadi teduh.

Sedangkan, dari segi kewirausahaan yaitu adanya pelatihan dan bimbingan bagi warga untuk mengolah hasil panen agar memilii daya beli yang tinggi. Tak perlu susah untuk mencari pasar, hasil olahan buah pun pemasarannya diabntu oleh pihak Astra. Hal ini tentu secara tida langsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kampung Keputih Tegal Timur.

Menjaga kebersihan lingkungan telah menjadi budaya di sana. Jika halaman mulai kotor, warga setempat tidak segan-segan bergotong royong untuk membersihkannya. Memperbaii jalananpun dilakukan bersama-sama. Nampak sekali kehidupan yang rukun dan saling merasa saling memiliki kampung keputih tegal timur.

Berkat kekompakan dan kegigihan masyarakatnya, kampung berseri Astra Keputih Tegal Timur ini terkenal baik nasional maupun lingkup internasional. Perlahan-lahan warganya bangkit dan terus berbenad. Tak sedikit prestasi yang sudah diraih oleh kampung berseri Astra Keputih Tegal Timur . Sejauh ini, dukungan dari Astra dalam mewujudkan Kampung berseri Astra Keputih Tegal Timur sangat dimanfaatkan dengan baik oleh warganya.

No Responses

Write a response