Download Contoh SK Komite Sekolah Format Terbaru

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan contoh SK Komite Sekolah dengan format terbaru yang dapat didownload dengan mudah oleh Bapak/ibu. Namun sebelum itu, mari kita pahami dulu tujuan pembuatan SK Komite sekolah ini.

Tujuan SK Komite Sekolah

Pembuatan SK Komite sekolah dibuat dengan pertimbangan sebagai berikut:

Menimbang :

  • Bahwa dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan efesiensi penyelenggaraan pendidikan dan tercapainya demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang optimal
  • Bahwa dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan efesiensi penyelenggaraan pendidikan dan tercapainya demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang optimal

Mengingat :

  1. Instruksi Menteri Pendididikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2011 tanggal 17 Oktober 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan;
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 257);
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 101 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2014 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 1432);
  4. Keputusan Mendiknas RI Nomor: 044/U/2002 Tanggal 2 April 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
  5. Hasil Keputusan Rapat Komite Sekolah bersama dengan orang tua peserta didik SMAN ……. Terang-Terang pada hari Selasa tanggal …… Januari 2020.

Peran Komite Sekolah

Pada file kali ini, kami lampirkan pula peran komite sekolah yang akan dicantumkan di dalam SK. untuk peran ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pada sekolah masing-masing.

Pada file SK Komite sekolah yang saya berikan, peran komite sekolah adalah:

  1. Pemberi pertimbangan (Advisory agency) dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan;
  2. Pedukung (Supporting agency) baik yang berwujud finasial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan;
  3. Pengontrol (Controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan;
  4. Mediator antara pemerintah (ekskutif) dan dengan masyarakat.

Itulah contoh peran komite sekolah yang dapat ditulis di dalam SK Komite Sekolah. Bapak/ibu dapat mengedit file tersebut dan disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.

Pada file surat keputusan tersebut terdapat pula contoh pertimbangan dan contoh landasan pengambilan keputusan. Silahkan diambil jika diperlukan atau diubah jika tidak sesuai dengan keputusan di daerah masing. masing

Baca Juga : Contoh SK Operator Sekolah

Download Contoh SK Komite Sekolah Format Terbaru

Dengan adanya pertimbangan-pertimbangan di atas, maka perlu untuk diadakannya pembentukan komite sekolah. Tentunya pihak sekolah harus mempersiapkan nama-nama yang akan ditunjuk sebagai bagian dari komite sekolah. Nama-nama tersebut akan diletakkan di lampiran.

Kali ini, saya sudah menyediakan contoh SK Komite sekolah dengan format word yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. Contoh SK ini dapat didownload dengan cara klik link di bawah ini:

1. Download Contoh SK Komite Sekolah Format Terbaru

2. Download Contoh Lampiran SK Komite Sekolah

Link tersebut akan mengarahkan Bapak/ibu ke halaman google drive. Cara mendownloadnya adalah dengan mengarahkan kursor ke sudut kanan atas, kemudian meng-klik tombol download di sana seperti pada gambar berikut:

Cara Download SK Komite Sekolah

setelah Bapak/ibu download, file tersebut dapat diedit sebagaimana mestinya tanpa harus request edit kepada pemilik google drive. Demikianlah contoh SK Komite Sekolah dengan format word yang dapat Bapak/ibu download.

Jangan lupa share info ini ke rekan / sahabat yg lain agar kebermanfaatan file contoh sk komite sekolah format terbaru ini dapat meluas.

Salam.

Leave a Reply